Sabtu, 19 September 2020

Tai Chi untuk Osteoartritis

 


Osteoartritis adalah penyakit degeneratif pada persendian yang menyebabkan kekakuan, nyeri, dan peradangan ringan pada persendian yang terkena. Ini berkembang ketika tulang rawan — jaringan yang menutupi tulang dan bertindak sebagai bantalan — memburuk seiring waktu, akhirnya menyebabkan kerusakan sendi. Untuk tahap awal kondisi ini, berbagai pengobatan mungkin menawarkan sedikit bantuan bila digunakan bersama dengan atau sebagai alternatif pengobatan, termasuk Tai Chi.

Tai chi membantu meningkatkan kekuatan fisik dan mobilitas serta meningkatkan perasaan sejahtera. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Arthritis & Rheumatism menemukan bahwa peserta dengan osteoartritis lutut yang berlatih tai chi dua kali seminggu memiliki lebih sedikit rasa sakit dan fungsi fisik yang lebih baik dibandingkan dengan peserta penelitian yang terdaftar dalam program pendidikan kesehatan dan peregangan. Kelas tai chi berlangsung selama 12 minggu, tetapi peningkatannya dipertahankan setahun kemudian. Para peserta ini juga melaporkan lebih sedikit depresi dan kesejahteraan yang lebih baik.

Tai chi memberikan manfaat antara lain dengan meningkatkan kekuatan dan koordinasi otot, yang mengarah pada stabilitas sendi yang lebih baik. Selain itu, aspek pikiran-tubuh dan kontrol napas meningkatkan ketenangan mental, yang dapat membantu memutus siklus nyeri artritis.

Jika Anda memutuskan untuk mencoba tai chi, rencana yang masuk akal adalah berpartisipasi dalam sesi tai chi sekali atau dua kali seminggu selama satu jam. Lakukan postur secara perlahan dan lembut.

Source: https://www.health.harvard.edu/alternative-and-complementary-medicine/tai-chi-for-osteoarthritis

1 komentar: