Sabtu, 19 Oktober 2019

Desain dan RAB Lapangan Futsal Outdoor "Sorga Desa"









RENCANA  ANGGARAN  BIAYA (RAB)
DESA PASIR BERDENGUNG KECAMATAN PASIR LAUT
TAHUN ANGGARAN 2020
Bidang  : Pembinaan Kemasyarakatan Desa (3)
Sub Bidang  : Kepemudaan dan Olah Raga (3.3)
Kegiatan  : Pembangunan Sarana dan Prasarana Kepemudaan dan Olah Raga Milik Desa  (3.3.05)
Pembangunan Lapangan Futsal Dusun Bahagia uk. 27 m x 20 m. 1 unit
Waktu Pelaksanaan  : 30 (tiga puluh hari kalender)
Rincian Pendanaan  :
NO. U  R  A  I  A  N VOLUME HARGA SATUAN  (Rp) JUMLAH (Rp)
1 2 3 4 5
I. BAHAN
1. Semen (1 zak=50 kg) 299.00 Zak 90,000.00 26,910,000.00
2. Pasir beton 32.00 M3 160,000.00 5,120,000.00
3. Pasir urug 65.00 M3 140,000.00 9,100,000.00
4. Batu pecah 2/3 cm 41.00 M3 425,000.00 17,425,000.00
5. Papan mal uk. 2/18 cm- 4m 24.00 Kpg 25,000.00 600,000.00
6. Kayu uk. 4/6 cm - 4 m 24.00 Btg 20,000.00 480,000.00
7. Wiremesh M5 (uk. 2,1 m x 5,4 m) 54.00 Lbr 250,000.00 13,500,000.00
8. Paku Campur 2.00 Kg 22,000.00 44,000.00
9. Rumput sintetis 375.00 M2 300,000.00 112,500,000.00
10. Jaring keliling D60 (PE) lengkap 268.00 M2 40,000.00 10,720,000.00
11. Tiang gawang dan jala (knockdown) 1.00 set 3,000,000.00 3,000,000.00
12. Tiang lapangan pipa besi 3"-t=2 mm 20.00 Btg 600,000.00 12,000,000.00
13, Penghubung tiang pipa besi 2"-t=2 mm 20.00 Btg 350,000.00 7,000,000.00
14, Bola futsal 2.00 bh 250,000.00 500,000.00
Jumlah Bahan 218,899,000.00
II. SEWA ALAT  (sesuai keperluan)
1. Gerobak Dorong 2.00 Bh 200,000.00 400,000.00
2. Concrete mixer (molen) & operasional 11.00 hari 400,000.00 4,400,000.00
Jumlah Alat 4,800,000.00
III. UPAH
1. Pekerja  233.00 HOK 85,000.00 19,805,000.00
2. Tukang  16.00 HOK 120,000.00 1,920,000.00
3. Kepala Tukang 2.00 HOK 140,000.00 280,000.00
4. Mandor 34.00 HOK 120,000.00 4,080,000.00
285.00 HOK Jumlah Upah 26,085,000.00
IV. HONOR TPK 
1. Ketua 1.00 org 450,000.00 450,000.00
2. Sekretaris 1.00 org 400,000.00 400,000.00
3. Anggota 3.00 org 350,000.00 1,050,000.00
(Perbup Sanggau No. 1 Thn. 2019)
5.00 org Jumlah Honor TPK 1,900,000.00
J  U  M  L  A  H  (Rp.) 251,684,000.00

BACA JUGA : Cara Menghitung Komposisi Campuran Beton K-125

BACA JUGA : Koefisien (Indeks) Bahan, Upah & Alat Pekerjaan Beton

170 komentar:

  1. Balasan
    1. maaf pak boleh saya minta file mentahnya untuk pembangunan di desa kami? email : tioanggada27@gmail.com

      Hapus
    2. boleh minta file rab nya pak? saya mau bikin mini soccer tapi belum tau lapisan dasar + sistem drainase lapangannya

      Hapus
    3. Mas minta link.nya donk.
      Ini email.ku
      ediimamarifin25@gmail.com

      Hapus
    4. boleh minta file mentahnya pak saya sedang ada rencana pembangunan lapangan futsal , terimakasih sebelumnya
      ini email saya pak Faisallicious22@gmail.com

      Hapus
    5. boleh minta file mentahnya mas? termasuka system drainasenya.
      ada rencana pembangunan lapangan futsal di desa.
      email saya ; dactaj.aguscahyono87@gmail.com

      Hapus
    6. Bisa share Rab nya pak rickysethiadif1@gmail.com 🙏

      Hapus
    7. boleh minta file mentahnya pak saya sedang ada rencana pembangunan lapangan futsal , terimakasih sebelumnya
      ini email: lesmanaganjar25@gmail.com

      Hapus
    8. boleh minta file mentahnya pak saya sedang ada rencana pembangunan lapangan futsal , terimakasih sebelumnya
      ini email: ui96in@gmail.com

      Hapus
    9. Postingnya sangat bermanfaat. Boleh kami minta file-nya juga pak? Salam kenal. Rachmad Hidayatullah, MI. Nurul Azhar Tanggul, Kab. Jember, Jatim.
      e-mail: madrasah.nurulazhar@gmail.com.
      Sebelumnya, kami sampaikan banyak terima kasih.

      Hapus
  2. Sy jga pak untuk desa kami di NTT
    theoladjar@gmail.com
    081238989410

    BalasHapus
  3. Sangat membantu...
    mohon kirim ke den.asepsaepudin@gmail.com

    BalasHapus
  4. slmt pagi pak, sy dr maluku, boleh yaa dibantu filex Pak🙏🙏 alamat emat : petrussiahaya377@gmail.com
    TERIMAKASIH atas bantuannya Pak

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. saya juga pak minta RABnya.
    saya ismail dari SUlwesi tengah
    putrasojol@gmail.com / 081342534091

    BalasHapus
  7. Saya juga pa..mau juga filenya iszulkarnain99@gmail.com, sebelumnya terimakasih 🙏

    BalasHapus
  8. Apakah ini pake dana desa boss...
    Atau dari dana lainya_

    BalasHapus
  9. Apakah ini pake dana desa boss...
    Atau dari dana lainya_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggunaan Dana Desa TA 2020 mengacu kepada Peraturan Menteri Desa Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2020.

      Hapus
    2. Pada pasal 9 PermendesaPDTT tsb antara lain memprioritaskan pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana olah raga desa.

      Hapus
  10. Bang boleh minta RAB nya ?

    Ryanwahyudi0807@gmail.com

    BalasHapus
  11. pak boleh minta file rabnya kalo boleh kirim ke email rickymarlino@gmail.com

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum... Pak saya dari Riau, boleh saya minta file disain dan Rab pembuatan pagar lapangan nya... Soalnya mau di anggarkan untuk desa kami..🙏🙏 kalo boleh kirim ke heruheruprastiawan9@gmail ya pak... 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  13. Pak tolong kirim file ini jga ya, kebetulan memang d prioritaskan d desa dampingan
    arjonisuhendra@gmail.com

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum... Pak saya dari Tasikmalaya, boleh saya minta file disain dan Rab pembuatan mini soccernya nya... kirim ke
    feredian@gmail.com...terimakasih

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum min
    Sy bisa minta rab format min soccernya ga ?? Klw bisa krm di email min, kepitingbakau92@gmail.com

    BalasHapus
  16. askum... dari pati boleh dong seperti yg lain... RABnya

    BalasHapus
  17. ini emainya
    yayanhasrulafifa@gmail.com

    BalasHapus
  18. boleh dong pak filenya,
    suryana.anjani@gmail.com

    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  19. Assalamu'alaikum...
    Boleh dong pa filenya,
    Agungalan98@gmail.com

    BalasHapus
  20. File nya pak wios muhrusarchie@gmail.com

    BalasHapus
  21. Filenya nggeh pak cmaxmun@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  22. pak saya dari sulsel desa kami menganggarkan lapangan futsal bisa saya minta file rab. dan gambarnya di kirim ke anchaunm@gmail.com

    BalasHapus
  23. boleh minta rab dan gambar, ada rencana mau buat lapangan futsal untuk anggaran thn 2021, kirim ke blckbjjck@gmail.com

    BalasHapus
  24. Mas Wiryo boleh minta file rab lengkapnya, desa dampingan saya sementara menyusun rencana pembangunan.
    reince.runtu@gmail.com

    BalasHapus
  25. Malam mas wiryo...
    Boleh minta file nya?
    lagi mau nyusun rencana pembangunan di desa...
    email : riloprihaten03@gmail.com
    Terimakasih mas

    BalasHapus
  26. mohon ijin minta file rabnya gan, tlg kirim ke g3mbet@gmail.com , terimakasih...

    BalasHapus
  27. Mohon perkenan share file Excel'a, pak..🙏
    Terima kasih..
    Ibnuhisyam.inchar@gmail.com

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum,,,, pak... Boleh Minta RAB.x
    Tolong Kirimkan ke baharudin6672@gmail.com

    BalasHapus
  29. Mas boleh minta RABnya? email saya rahmat79m@gmail.com. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum...saya bisa minta RABnya ?
    email saya hiswanw@yahoo.co.id

    Best Regards

    BalasHapus
  31. mohon dikirim file rab ke 085229984220, purnomo.
    matur nuwun

    BalasHapus
  32. sangat membantu,,mohon maaf pak bisa minta file Rab nya. kirim ke email saya, andremenufandu58@gmail.com
    terima ksih.

    BalasHapus
  33. sangat membantu, boleh saya minta file nya pak ?
    email : desasukadana79@gmail.com

    BalasHapus
  34. Salam. pak mohon izin, boleh minta file gambar dan rab nya. Mohon di kirim ke email: sdmuat0@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  35. Assalamu'alaikum...
    Boleh dong bagi pa filenya,
    husenmohamad282@gmail.com

    BalasHapus
  36. Maaf, adakah link untuk download file nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf pak boleh minta file nya ke alamat email aziztridaya@gmail.com

      Hapus
  37. Mohon bantuanya min untuk dikirim ke tomb4khitam@gmail.com
    Terimakasih🙏

    BalasHapus
  38. Saya boleh minta mentahan RAB nya pak..

    Buat pembangungan di desa kami.

    Email
    ip4y1992@gmail.com

    BalasHapus
  39. Boleh dibantu pak untuk pembangunan di desa saya untuk pengajuan ke kabupaten.email saya alayshahadin999@gmail.com rab dan gambar lengkapnya pak.terima kasih

    BalasHapus
  40. saya mau filneya..makasih...sportivacourse@gmail.com

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum mas saya minta file nya ke email.. dandiramadanncb@gmail.com

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum, sangat membantu sekali. saya minta filenya ya gufronfirmansyah@gmail.com terimakasih banyak pak

    BalasHapus
  43. Pak ijin minta tolong untuk file bisa sy minta di kirimkan ke email isnan.pelangi@gmail.com
    Sebelum dan sesudahnya terimakasih..

    BalasHapus
  44. assalamualaikium boleh saya minta filenya pak? kirimkan ke gmail saya rayvog422@gmail.com

    BalasHapus
  45. assalamualaikium pak ..
    boleh saya minta filenya juga?
    kirim ke gmail fakhrudin.jo703@gmail.com

    Terimakasih pak .

    BalasHapus
  46. bisa kirim filenya pak?
    kasmanputra02@gmail.com

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum, saya boleh minta file nya pak ? Untuk pembangunan lapang d sekolah saya.. jazakallah..
    email : burhanudinscout1993@gmail.com

    BalasHapus
  48. assalaualaikum bos, apakah boleh minta file nya bos? bisa kirim ke email salamzikri90@gmail.com terimakasih banyak bos

    BalasHapus
  49. Mas boleh minta file perhitingan rab (+analisa dan koef nya ) sama desain nya..
    Kirim ke email raukmnanahoengkoel9@gmail.com
    Trimakasih mas

    BalasHapus
  50. Mas,minta analisa perhitungan rab nya nuraslih.triorasyid@gmail.com

    BalasHapus
  51. Mas minta filenya. Tolong kirim ke : uropcomar@gmail.com
    Maksih banyak mas

    BalasHapus
  52. apakah bisa minta file mentahannya ?
    desa.maor@gmail.com

    BalasHapus
  53. pak sya bisa minta filenya?
    ini alamat email saya Architecture.City@yaho.co.id

    BalasHapus
  54. Pak, Saya boleh mnta filenya?
    medyrizal@gmail.com, itu email saya, terimakasih banyak pak

    BalasHapus
  55. slmt sore pak, sy dr Maluku Utara, Bisa saya minta filex juga Pak
    ini email saya : ahmdiane@gmail.com
    TERIMAKASIH atas bantuannya Pak

    BalasHapus
  56. Mohon di bantu kak, saya dari jakarta pusat mau punya rencana pembuatan lapangan futsal, boleh saya minta file nya ka ini email saya klayusrivai@gmail.com

    BalasHapus
  57. selamat sore pak. kami dari sulawesi Tenggara. bolehkah kami minta file nya pak ?
    email : jufrissi2016@gmail.com

    BalasHapus
  58. Tolong sy juga dikirimkan filenya VIPgaruda@gmail.com
    mini soccer RAB nya ada pa?

    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  59. Trmksh info y sngt brmnfaat mf bla brkenan mhn kirm file y ke email firmanmunggaran@gmail.com Trmksh

    BalasHapus
  60. bolehkah kami minta file rab dan desain lap. futsalnya?

    BalasHapus
  61. bolehkah kami minta file rab dan desain sorga desanya, kirim ke email manggis2008@gmail.com

    BalasHapus
  62. Salam ,Pa boleh minta design lapangnya . Email saya harry.smpislamnurulyaqin@gmail.com
    Terima kasih Pak ��

    BalasHapus
  63. Assallamualaikum pak
    boleh minta analisa + rabnya untuk desa kami di kecamatan sidomulyo
    email kami : riantobs59@gmail.com

    BalasHapus
  64. Salam Pak Wiryo, terima kasih atas informasi yang telah diberikan, apabila tidak merepotkan,mohon bantuan filenya di share ke email saya aloysiusmarcel@gmail.com. terima kasih banyak.

    BalasHapus
  65. Saya juga pak, kalau boleh saya minta file mentahannya untuk desa saya diMadura. Ini email sy pak vickylailatulq26@gmail.com
    Terimakasih bnyak bapak

    BalasHapus
  66. Saya juga pak, kalau boleh saya minta file mentahannya untuk desa saya diMadura. Ini email sy pak vickylailatulq26@gmail.com
    Terimakasih bnyak bapak

    BalasHapus
  67. Terima kasih om infonya, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  68. Boleh minta file mentahnya om?? Lisanulsidqi9@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya om

    BalasHapus
  69. bisa minta emailkan file nya mas rafashya2810@gmail.com

    BalasHapus
  70. Nyuhunkn oge kang hehehe file sorga desa nya
    asepsundara007@gmail.com

    BalasHapus
  71. Pak minta RAB nya...
    Terima kasih.

    BalasHapus
  72. Assalamualaikum pak saya mitra dari muara enim Sumsel, izin boleh saya RABnya terimakasih sebelumnya pak email saya very_jaya@yahoo.com

    BalasHapus
  73. Boleh minta file mentahnya om?? syamsul.s1tekniksipil013@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya om

    BalasHapus
  74. Mas, boleh minta untuk dikirimin gambar design nya.?
    Email saya ini ya mas:
    simangunsongaldi917@gmail.com

    BalasHapus
  75. Assalamualaikum warrahmatullah wabarakatuh, Mas Wiryo. Saya Rizki Prasetya Person asal Palembang. Bolehkah file rab dan gambar pembangunan lapangan futsal outdoor Sorga Desa dibagi, Mas? Kalau boleh ini email saya, Mas.
    rizkiprasetyap@gmail.com
    Terima kasih banyak atas perhatinnya, Mas. 🙏🏻

    BalasHapus
  76. Bang bisa minta RAB dan Desain Dwgnya kah bang Email saya bang
    mhusainipendampingdesa@gmail.com

    BalasHapus
  77. Pak Boleh saya minta filenya, terima kasih sebelumnya. ahmadzulkiflihamli@gmail.com

    BalasHapus
  78. Boleh dibantu pak untuk pembangunan di desa saya untuk pengajuan ke kabupaten.email saya bungcomar1@gmail.com rab dan gambar lengkapnya pak.terima kasih ������

    BalasHapus
  79. mohon ijin utk bisa dapatkan file soft copy RABnya pak🙏

    BalasHapus
  80. Pak wiryo, bisa dibagi filenya pak
    ztadaga@gmail.com
    Makasih

    BalasHapus
  81. selamat pagi pak,
    sebelumnya terimakasih atas uraiannya. saya juga mau mengajukan untuk di desa saya, cibetik, serang. jika berkenan untuk pak Wiryo memberikan RAB dan gambar lapangannya, saya ucapkan terimakasih.
    alamat email saya: oktafianfian94@gmail.com

    BalasHapus
  82. kalau boleh mnta kirim file ke kaliputihalian414@gmail.com

    BalasHapus
  83. boleh saya minta filenya & gambarnya ke email saya widdeynur@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  84. Assalamualaikum warrahmatullah wabarakatuh,Pak Wiryo. Saya Margono asal Jateng. Bolehkah file rab dan gambarnya, Kalau boleh ini email saya,Pak.
    margonobinpawiro@gmil.com
    Terima kasih banyak atas perhatinnya,Pak. 🙏🏻

    BalasHapus
  85. Sangat membantu boleh minta Rab nya kh mas
    nandasuseno02@gmail.com

    BalasHapus
  86. Maaf pak wiryo apakah saya boleh minta file nya email saya hendry_ervin@ymail.com trmksh pak sebelumnya

    BalasHapus
  87. Pak ijin minta tolong untuk file bisa sy minta di kirimkan ke email sabudi535@gmail.com
    Sebelum dan sesudahnya terimakasih..

    BalasHapus
  88. sangat membantu sekali pak,
    boleh meminta filenya untuk perencanaan pembangunan didesa saya pak, dikirim ke dadan.gusn82@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  89. Sangat membantu pak. Apakah bisa share file Excelnya, ke wandaauliaprada06@gmail.com , untuk perencanaan di komplek kami pak.
    Terimakasih sebelumnya. 🙏🏻

    BalasHapus
  90. Balasan
    1. atau bisa di kirim ke alamat email hsamu2183@gmail.com

      Hapus
  91. Hapunten.... Bisa minta di share RAB & gambar tekniknya pak...
    legi.lestari@yahoo.com

    BalasHapus
  92. Assalamualaikum pak. Maaf boleh saya minta desain lapangan nya. salam kenal dari saya di bekasi desa Srimahi. Berikut email saya: muhammadzakaria1986@gmail.com

    BalasHapus
  93. asalamualaikum wr wb pak mohon maaf boleh minta file nya
    email ke Irfanarsyaq21@gmail.com

    BalasHapus
  94. Bisa dishare file excel TOS dan Gambar desainnya juragan di wahyuardyantara71@gmail.com

    BalasHapus
  95. kak boleh minta RAB nya

    Badrikgokil69@gmail.com

    BalasHapus
  96. boleh minta filenya kak?
    yuliansetyono13@gmail.com

    BalasHapus
  97. Bisa minta tolong kirim RAB nya pak
    ke pangkahwetan@gmail.com
    Terimakasih...

    BalasHapus
  98. Izin minta file excelnya Pak, ini emailnya: siskeudesciptasari@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  99. pak boleh minta file nya isnhaallah untuk bantu warga desa di desa saya pak 🙏, ini email saya sukmamp61@gmail.com

    BalasHapus
  100. Pak, mohon kirim filenya Pak,untuk desa saya di jawa tengah.terimakasih.

    BalasHapus
  101. Saya juga Om.. iswanto.apri@gmail.com

    BalasHapus
  102. Ijin pak minta tolong untuk file bisa sy minta di kirimkan ke email novidibumbungan@gmail.com
    terimakasih..

    BalasHapus
  103. Ijin pak minta tolong untuk file bisa sy minta di kirimkan ke email kiflibasarun.sip50@gmail.com
    terimakasih..

    BalasHapus
  104. bisa minta file gambar dan rabnya??? klo berkenan di kirim ke erilihawa@gmail.com....terima kasih

    BalasHapus
  105. Pak bagus sepertinya untuk pekerjaan didesa saya bapak berkenan mengirim file Rab nya ke email : bpinokio8@gmail.com

    BalasHapus
  106. Jika berkenan untuk berbagi. Saya butuh file RABnya Mas Wir ini email saya : sumarlanrasi@gmail.com Terima kasih.

    BalasHapus
  107. boleh saya minta filenya nya bang, rencana saya mau bikin bang. Email: hamid_only86@yahoo.com

    BalasHapus
  108. boleh minta ga mas..kalo boleh kirim ke email : budiman855@gmail.com

    BalasHapus
  109. assalamualaikum mas, boleh minta filenya email : m.munir.dmk@gmail.com Terimakasih

    BalasHapus
  110. assalamualaikum
    sore pa
    jika berkenan untuk berbagi
    saya meminta file nya di kirim ke aji161610@gmail.com

    BalasHapus
  111. minta failnya...misattarbiyah2@gmail.com

    BalasHapus
  112. Assalamualaikum
    Saya tertarik dengan postingan anda, boleh dikirimkan filenya ke lavizon.naim@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  113. Boleh minta filenya mas? Boleh kirimkan ke ayubzega1994@gmail.com

    BalasHapus
  114. Bisa dikirim filenya ke; hasyim.azrifa@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  115. Terima kasih ilmunya kak.
    Kak boleh mintak file mentahnya..?
    Kakak kirim ke email lukmanulhakim183@gmail.com

    BalasHapus
  116. bang minta tolong kirimkan file rabnya ke email rizaltriono2322@gmail.com

    BalasHapus
  117. Om bisa minta file nya ndak?, feryistiana31@gmail.com

    BalasHapus
  118. Bisa kami minta RAB nya pak untuk pondok pesantren 🙏 email nya ymjhmaman@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon ijin bisa kami minta filenya Pak untuk kegiatan pembangunan di desa kami emailnya chokyebolonk.cb@gmail.com

      Hapus
  119. Assalamualaikum mas saya bisa minta file nya ke email.. andispratama4@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  120. yang disini sudah dikirimi file oleh admin mohon kami di kirim juga ya ke email diatas hehe

    BalasHapus
  121. Pak Bisa kirim ke email saya maulanafikry052@gmail.com atau bisa bantu saya di nomor berikut 089691197916

    BalasHapus
  122. ssalamualaikum... Pak saya dari Purworejo, boleh saya minta file disain dan Rab pembuatan mini soccernya nya... kirim ke
    cengkawakrejo@gmail.com...terimakasih

    BalasHapus
  123. mohon izin bapak, bolehkah saya minta file desain dan RABnya ya pak, buat saya pelajarai serta sistem drainasenya pak untuk saya pelajari dan sebagai referensi membuat lapangan pak, kirim ke juansuryaa@gmail.com pak, atas kebaikanya saya ucapkan terima kasih pak

    BalasHapus
  124. halo pak, izin bisa minta file nya? kalau boleh kirim ke email pratamamhd97@gmail.com pak. terimakasih

    BalasHapus
  125. pak boleh minta filenya? rr8segment@gmail.com Terimakasih pak

    BalasHapus
  126. kak boleh berbagi file excelnya kalau berkenan, saya mau bikin lapang putsal juga ayiyana75@gmail.com

    BalasHapus
  127. ka boleh berbagi rab file nya ngga kalo boleh berkenan bagi ke sya mas soalnya saya butuh banget nih

    BalasHapus
  128. Kalo boleh minta file mentahnya kirim ke m45ud9@gmail.com

    BalasHapus