Pada umumnya yang diidam-idamkan masyarakat desa dalam kehidupan mereka adalah
lancarnya transportasi untuk keperluan sehari-hari mereka seperti untuk pergi
ke sawah, ke kebun, anak-anak pergi sekolah, akses keluar desa atau keperluan
lainnya. Salah satu yang menjadi kendala kelancaran transportasi di desa yakni
minimnya keberadaan jembatan, khususnya untuk daerah-daerah yang banyak sungai.
Minimnya jumlah jembatan di desa biasanya karena faktor biaya yang tinggi dalam
pembuatan jembatan, terutama desa yang memiliki sungai relatif lebar dan dalam.
Alternatif solusi yang ditawarkan terhadap masalah biaya
yang tinggi dalam pembuatan jembatan yakni dengan membuat jembatan gantung
dengan konstruksi pilon dari kayu. Pilihan konstruksi pilon dengan kayu dengan
pertimbangan di daerah-daerah perdesaan biasanya tersedia potensi lokal kayu
dengan kelas kuat dan kelas awet yang baik. Pilon dengan konstruksi kayu juga
tidak memerlukan teknologi tinggi ataupun alat khusus dalam pembangunannya, cukup
tukang kayu yang berpengalaman bisa mengerjakannya.
Dalam merancang desain jembatan gantung dengan pilon
konstruksi kayu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:
1. Lokasi rencana jembatan diupayakan pada alur sungai
dengan lebar minimal sehingga biaya pembuatan jembatan lebih ekonomis, karena
semakin panjang bentang jembatan berarti akan semakin menambah biaya untuk
material maupun upahnya.
2. Posisi lokasi rencana jembatan juga diupayakan pada alur
sungai yang relatif lurus sehingga akan mengurangi resiko abrasi bibir sungai
yang bisa berdampak serius pada keamanan posisi pilon jembatan gantung.
3. Letak (titik) posisi pilon jembatan gantung harus
mengambil jarak yang aman dari bibir sungai agar didapatkan tanah dengan
stabilitas yang cukup baik dan terhindar dari resiko abrasi.
4. Penentuan Muka Air Banjir (MAB) tertinggi dengan
menanyakan kepada penduduk di sekitar lokasi jembatan terutama kepada penduduk
yang sudah cukup berusia lanjut sehingga bisa didapatkan data posisi MAB
tertinggi dalam periode yang relatif cukup lama.
5. Level posisi lantai jembatan harus ada ruang (jarak) yang
cukup dengan level Muka Air Banjir (MAB), hal ini dimaksudkan agar bila banjir
terjadi dan membawa material hanyut tidak menerjang lantai jembatan. Untuk
sungai yang bila banjir membawa material hanyutan yang cukup besar seperti
batang pohon yang hanyut dari hulu maka jarak (ruang) bebas di atas MAB perlu
lebih besar lagi, perlu dipertimbangkan lebih dari dua meter.
6. Pemilihan material untuk pembangunan jembatan gantung
juga perlu diperhatikan dengan baik. Untuk material pilon, pastikan kualitas
kayu yang terbaik dan dimensi yang cukup aman. Material utama jembatan gantung
lainnya, yakni seling baja, juga harus dipastikan dengan kualitas baik dengan
dimensi sesuai standar aturan yang berlaku.
7. Pekerja utama yang terlibat dalam pembuatan jembatan gantung
juga harus dipilih tukang dan mandor (pengawas) yang berpengalaman sehingga mampu menterjemahkan gambar rencana
(desain) dengan baik dan mampu mempertimbangkan aspek keamanan dalam pelaksanaannya.
8. Sudut kabel di menara (pilon) antara horizontal dan kabel
bentang utama (a) serta sudut kabel di menara (pilon) antara horizontal dan kabel anker (b) perlu diperhatikan dengan baik sehingga keseimbangan gaya-gaya yang bekerja pada kabel dapat tercapai.
9. Mengingat pekerjaan jembatan gantung termasuk kegiatan yang cukup beresiko untuk gagal konstruksi maka supervisi yang intensif perlu dilakukan melalui pembimbingan, arahan dan instruksi yang jelas kepada kepala tukang agar pelaksanaan kegiatan sesuai dengan desain dan spesifikasi yang direncanakan.
Dengan diperhatikannya titik-titik kritis dalam pekerjaan
jembatan gantung pilon konstruksi kayu ini diharapkan dapat memberikan
inspirasi dalam membuat desain jembatan gantung dan menjadi pertimbangan dalam pelaksanaan
pekerjaan sehingga jembatan gantung yang dibangun dapat berfungsi dengan baik dan
aman untuk digunakan. Salam bangga membangun desa.@wry
Terimakasih ilmunya pak wiryo...👍👍👍
BalasHapusSama-sama terima kasih...
HapusTerima kasih sharing ilmu & pengalamannya mas. Semoga senantiasa lancar aman dan selamat dalam bekerja...
BalasHapusamien... sama2
HapusSelamat Dinihari Mas Wiryo.
BalasHapusMaaf sebelumnya mengganggu aktivas istirahat Mas.
Mas mohon ijin minta share file cad dan excelnya, email saya kakatragedi@gmail.com , terima kasih sebelumnya mas..