Selasa, 14 Maret 2023

EVALUASI RANCANGAN APB DESA 2023 KECAMATAN SEKADAU HULU

 

Bertempat di aula Kantor Camat Sekadau Hulu, hari Senin-Selasa tanggal 13-14 Maret 2023 telah dilaksanakan upaya percepatan peng-input-an Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Desa  ke dalam Sistem Keuangan Desa (Sikeudes). Upaya ini dilaksanakan oleh Camat Sekadau Hulu mengingat hingga saat ini belum ada satu desa pun di wilayah Kecamatan Sekadau Hulu (15 desa) yang posting Siskeudes. Upaya pihak Kecamatan Sekadau Hulu untuk percepatan input data Siskeudes ini juga sekaligus forum untuk konsultasi dan evaluasi Rancangan APB Desa.



Acara percepatan input Rancangan APB Desa dibuka dengan sambutan dan arahan dari Kepala Seksi (Kasi) Administrasi Pemerintahan Desa (APD) Kecamatan Sekadau Hulu, Bapak Arpan. Dalam sambutannya Pak Arpan antara lain menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari surat Bupati Sekadau Nomor 140/138/PMD-B/2023 tentang Percepatan Penyaluran dan Pelaksanaan Dana Desa Tahun 2023, sehingga diharapkan desa-desa dapat merespon dengan baik upaya ini dengan secepatnya Menyusun Rancangan APB Desa dan meng-input data ke dalam Siskeudes.

Kegiatan ini diikuti oleh Kaur Keuangan dan Operator Siskeudes desa-desa di wilayah Kecamatan Sekadau Hulu. Hadir juga dalam kesempatan ini TAPM Wilayah Sekadau Hilir dan Sekadau Hulu (Wiryo), Pendamping Desa (Nirmala) dan Pendamping Lokal Desa (Stepanus Leo). Dalam kesempatan memberikan sambutan, TAPM antara lain menyampaikan bahwa Surat Keputusan Bupati Sekadau Nomor 900/330/BPKAD/2022 tentang Penghasilan Tetap Aparatur Desa, Kepala Adat dan Tunjangan Anggota Badan Permusyawaratan Desa di Kabupaten Sekadau Tahun 2023 di antaranya menyebutkan tentang penyaluran dana untuk Siltap dan Tunjangan Aparatur Pemerintah Desa, Kepala Adat, dan BPD dengan mekanisme penyaluran dari Rekening Umum Kas Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa (RKD). Dari mekanisme penyaluran ini dapat dipahami bahwa mekanisme penyaluran dari RKUD ke RKD berarti dana yang disalurkan bukan bersumber dari Dana Desa (DD). @wry


Tidak ada komentar:

Posting Komentar