Selasa, 07 Maret 2023

Berita Harian dari Desa: MUSDES VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA MISKIN EKSTREM DESA TANJUNG

 


Bertempat di aula Kantor Desa Tanjung Kecamatan Sekadau Hilir pagi ini (07/03/2023) telah dilaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) Verifikasi dan Validasi Data Penduduk Miskin Ekstrem. Hadir dalam kesempatan ini Kepala Desa Tanjung beserta Perangkat Desa, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perwakilan dari Camat Sekadau Hilir, Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Sekadau, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM), Pendamping Desa (PD) dan Ketua Rukun Tetangga (RT) se-Desa Tanjung. 

Data Kepala Keluarga (KK) yang diverifikasi yakni data dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sekadau, yang merupakan data yang berasal dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Dari data yang disampaikan Bappeda Litbang Kabupaten Sekadau tersebut tercatat ada 10 (sepuluh) KK yang termasuk dalam kategori miskin ekstrem dan akan dilakukan verifikasi dan validasi pada musdes tersebut.

Dalam kesempatan musdes tersebut Koordinator TKSK Kabupaten Sekadau, Abang Syamsumin, menjelaskan tentang kriteria Data Terpadu Kesejahteraan Sosial sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (2) Peraturan Menteri Sosial Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, yang merupakan dasar untuk melaksanakan Pengelolaan Data. Kriteria tersebut meliputi: a. kemiskinan; b. ketelantaran; c. kecacatan; d. keterpencilan; e. ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku; f. korban bencana; g. korban tindak kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi; dan/atau h. kriteria lainnya yang ditetapkan oleh Menteri.

Abang Syamsumin juga menjelaskan bahwa dari data kemiskinan ekstrem yang telah disampaikan ke desa tersebut dalam verifikasi cukup menambahkan keterangan yang diperlukan sesuai keadaan nama KK yang tercantum dalam data tersebut. Keterangan yang dimaksud misalnya dicantumkan dalam keterangan nama KK tersebut apakah pindah alamat, meninggal dunia, alamat tidak ditemukan, data ganda, atau pindah domisili. @wry


Tidak ada komentar:

Posting Komentar